Anugerah Terindah Kedua
Suatu ketika saya bermimpi, menimang bayi yang begitu putih bersih dan saking putihnya seakan-akan seperti bersinar. Entah firasat atau pertanda, beberapa waktu kemudian ternyata istri saya hamil anak kedua.

Dan pagi itu barangkali tak ada suara yang lebih indah dari suara tangis yang memecah. Meski bukan yang pertama, tangis bayi anak kami yang lahir pagi itu tetap saja membuncahkan segala macam perasaan. Amazing.
Agak di luar perkiraan, anak kedua kami lahir lebih cepat dari HPL. Kami baru saja direpotkan anak pertama kami yang terkena cacar air dan tiba-tiba ternyata adiknya mau lahir. Beruntung Affan cukup dewasa, tidak rewel dan bahkan langsung menawarkan diri untuk dititipkan ke kakak sepupunya. Ia bahkan memasukkan beberapa kebutuhannya sendiri ke tas dan ikut dengan budenya. Istri saya berangkat dengan kakak dan saya mengikuti dengan motor di belakang. Sempat terjadi insiden kecil ketika di jalan saya sempat kena tabrak mobil dari belakang. Beruntung saya tidak kena luka serius, hannya lebam sedikit di kaki.
Proses kelahiran sedikit lama, dan mengingat ketuban sudah pecah maka mau tidak mau saat kelahiran tidak lagi ditunda. Setelah beberapa saat tidak ada reaksi akhirnya diberikan induksi dengan infus. Menunggui semalaman, selain harap-harap cemas juga kantuk yang selalu menyerang. Keluarga orang-tua saya malam itu juga menyusul. Kakak yang bidan juga ikut menunggui sehingga saya sedikit lebih tenang.
Kecemasan, rasa sakit,capek, apapun yang kami alami dan dirasakan sebelum kelahiran akhirnya semua terbayarkan ketika anak kami lahir dengan selamat dan sehat dan dengan tangisnya yang memecah.
Dan kini, 7 hari setelah kelahiran anak kedua kami akhirnya kami berikan nama yang juga merupakan doa dari kami Kaysa Kirana, yang menjadi doa kami agar nanti menjadi anak cantik, elok dan cerdas yang menjadi cahaya penerang.
Dan semoga, Affan segera sembuh dan dapat segera bertemu adiknya yang sudah berbulan bulan ditunggu.
Tidak ada harta benda apapun yang lebih bernilai bagi kami melebihi anugerah hadirnya kedua buah hati dalam keluarga kami ini.

Jakarta 8 Desember 2012

