Keyakinan diri sangat berpengaruh besar bagi kesuksesan. Bagaimana mau sukses jika kita sendiri tidak percaya diri dan ragu pada yang yang kita lakukan.
Jika Anda juga mengalami itu sesungguhnya itu wajar saja, yang menjadi penentu adalah bagaimana langkah kita jika tingkat kepercayaan diri itu ternyata rendah.
Seringkali ketika membandingkan diri dengan orang lain yang menurut kita lebih sukses, menganggapnya lebih segalanya, semua tentang keberhasilannya itu, dari kita, dan kita lalu membayangkan kegagalan kita di masa lalu atau kelemahan yang kita punya. Ini semakin membuat kita berfikir negatif dan selalu menyalahkan diri sendiri. Kita dengan tak sadar tengah mencari pembenaran untuk tidak percaya diri.
Lalu bagaimana sebaiknya? Untuk membangun mental attitude dan kepercayaan diri alangkah baiknya kita justru fokus secara positif ke diri sendiri. Ingatlah semua keberhasilan-keberhasilan yang pernah anda raih, bahkan di masa-masa sulit dan dulu rasanya kita hampir seperti mustahil untuk kita lalui. Lihatlah bahwa Anda punya kekuatan tersendiri, punya keunikan yang tidak dimiliki siapapun. Berpikirlah positif bahwa setiap langkah yang akan anda tempuh pasti akan membuahkan hasil yang menjadikan Anda selangkah lebih maju.
Setiap orang pasti akan pernah menemui saat ketika keyakinan akan diri sampai pada titik terendah, termasuk saya. Dan ketika saya merasa sudah terpuruk itu biasanya saya akan berkata dengan diri sendiri, “Hei, Kamu sudah melakukan banyak hal yang hebat, sudah berhasil melalui banyak masa-masa yang lebih sulit. Jadi tak ada alasan untuk menyerah atau berpikir bahwa Kamu tak akan mampu melakukan lebih baik lagi.”