Ada semacam tradisi di keluarga saya jika memberi nama anak laki-laki maka kebanyakan dinamai Muhammad pada nama depannya. Bagi orang tua tentu bukan tanpa maksud atau hanya karena ikut-ikutan, apalagi nama Muhammad konon adalah rekor nama yang paling banyak digunakan diseluruh dunia.

Nama adalah doa, jadi pemberian nama Muhammad kepada seorang anak tentunya tersimpan doa agar anak dapat menjadikan Nabi Muhammad sebagai teladan yang menjadi role-model nya, agar anak dapat meniru akhlak dan perilakunya.
Namun belakangan kita juga cukup tersentak, banyak tokoh dengan nama yang bagus, bahkan salah satunya ada juga nama Muhammad gencar dibicarakan media atas perilakunya. Tentu hal ini menjadi keprihatinan kita semua bahwa dengan ternyata ada orang yang menyandang nama besar Muhammad, yang memiliki arti ‘terpuji’, ternyata tak sepadan dengan perilakunya.
Walaupun demikian menurut saya kelakuan yang tidak terpuji itu tak mengurangi keagungan Nabi Muhammad. Dan sayapun tak kemudian merasa malu karena menyandang nama itu. Semoga saya dapat memenuhi doa orang tua saya dan semoga shalawat dan salam selalu tercurah kepada Muhammad Rasulullah saw.