Mana lebih penting, proses atau hasil? Sebagian orang mungkin akan mementingkan hasil karena itulah yang terlihat nyata. Sebagian menganggap penting proses karena itu yang harus diusahakan, masalah hasilnya seperti apa yang penting sudah berusaha. Kenyataannya keduanya sama pentingnya, dan itu berlaku juga dalam ibadah.
Dalam ibadah kita tentu harus memperhatikan proses dengan rinci. Sholat misalnya, kita harus suci dulu, harus tahu dan sesuai syarat dan rukun, proses dan runtutan harus benar. Tapi, apakah itu saja cukup? Tentu tidak. Ibadah tidak berhenti di proses ritual yang kering. Sholat tak hanya membekas di dahi yang hitam tapi membekas di hati dan tercermin di perbuatan. Sholat harus mewujud ke dalam hasil menjadikan kita meningkat ke jenjang lebih mulia. Jadi proses itu penting tapi jangan sampai kita berkutat di sana terus menerus, kita harus terus mengevaluasi proses dan melangkah lebih maju lagi.
Dan hasil ibadah yang sesungguhnya hanya akan kita tahu setelah kita nanti bertemu Sang Pencipta, apakah amal ibadah kita diridhai atau hanya sia-sia..
Semoga Allah selalu meridhai..

Advertisements