ulang tahun

Hari masih terang, masih jam 4 lebih sedikit. Saya dan istri sengaja pulang agak cepat. Matahari rasanya begitu terang, mengingat kami biasanya pulang ketika hari sudah senja. Hari itu ada momen khusus, anak kami berulang tahun kedua. Agak spesial juga, mungkin tepatnya haru, karena sudah beberapa hari anak kami tengah di kampung, tanpa ada kami. Keadaan yang memang memaksa demikian, istri saya habis dinas luar kota dan pengasuh anak saya sakit. Karena hal itu pula kami memutuskan untuk mudik dalam rangka merayakan ulang tahun sederhana itu. Saya sendiri waktu kecil tak pernah ada acara ulang tahun. Istri saya sengaja membelikan sepotong lilin, beberapa potong kue dan saya membelikan hadiah.

Ternyata, meski dibela-belain dalam kondisi yang masih capek bolak-balik, godaannya ada saja. Beberapa KM kami berangkat motor mulai terasa ngadat. Beberapa KM berikutnya motor mogok total. Beruntung tak jauh dari situ ada bengkel kecil. Mas-mas di bengkel itu yang sedang mengoprek motor tua membantu memperbaiki motor saya. Ternyata salah satu baut karburator lepas dan bensin nya mengucur terus sampai mesinnya mogok. Setelah menunggu agak lama akhirnya motor jalan lagi. Hari sudah mulai malam, tapi kami memang sudah berniat untuk melanjutkan perjalanan untuk sebuah hari yang sangat penting itu. Sampai di rumah orangtua di kampung sudah wakyu isya. Dirumah ternyata Affan dan keponakan saya, Kiki hanya berdua, mbahnya sedang sholat isya di masjid. Seperti biasa, anak saya langsung ekspresif, tertawa-tawa sambil cari perhatian dengan membuang apa saja yang di meja (seperti biasa kalau ada ayah-ibunya).

Setelah mbah pulang dari masjid kami adakan pesta kecil Affan, hanya ada saya, istri saya, mbah kung, mbah ti. Affan dengan semangat meniup lilin dan tentu saja memakan lahap roti coklatnya. Setelah itu kado dibuka, saya belikan mobil-mobilan VW Kodok warna kuning. Lengkap sudah, roti coklat dan mobil-mobilan… J

Selamah ulang tahun ya, semoga keberkahan selalu tercurah di hidupmu.. Kami bangga denganmu, nak!

