Pagi ini saya agak buru-buru mandi dan berangkat ke masjid untuk sholat ied. Karena malamnya capek sekali bolak-balik nglajo, karena anak saya masih di rumah mbahnya, saya tidur lagi setelah subuh sampai kira-kira jam 6. Terdengar mbahnya affan mengumumkan kalau sholat ied akan dimulai 10 menit lagi.
Usai sholat ied saatnya penyembelihan qurban di samping depan rumah. Saya sebenarnya menikmati sekali suasana idul adha. Entah kenapa ada semacam kebersamaan, ada perasaan exciting ketika bersama-sama warga berkumpul meskipun hanya sekedar rame-rame ketemu teman, ngobrol sekenanya. Idul adha bagi saya malah lebih mengasyikkan.
Sayangnya pagi ini saya harus masuk kantor. Pemerintah menetapkan perayaan Idul adha masih besok. Ini sebenarnya agak membuat saya pribadi cukup repot. Meski ada sedikit keringanan masuk agak siang, namun tetap saja ini menjadi pertanyaan bagi saya. Bukankah ini perayaan yang mesti dihormati, terlebih oleh negara. Mudah-mudahan besok-besok tak lagi ada kejadian seperti ini lagi deh.