Kenangan mungkin menjadi salah satu harta berharga bagi saya. Entah itu kenangan manis ataupun pahit sekalipun bisa menjadi hiburan tersendiri saat diingat ulang. Bagi banyak orang barangkali masa lalu tak penting. Bagi saya, entah kenapa selalu saja apa yang terjadi dan terekam di otak ini ingin saja selalu saya pelihara. Seringkali jika ketemu kawan lama hampir selalu menyinggung kejadian masa lalu sekedar untuk refresh. Bukannya mau mengungkit hal yang sudah-sudah itu lalu menjadikannya beban di masa sekarang, saya justru berusaha berdamai dengan segala hal tentang masa lalu itu untuk dapat melangkah ke depan dengan ringan. Sesuatu yang pahit di masa lalu seringkali dapat diingat sebagai kenangan manis, mengingatkan kita bahwa masa sulit itu telah lalu. Banyak hal di masa hidup saya baik di kampung, di beberapa kota tempat saya pernah tinggal, banyak teman yang sempat saya kenal, banyak tempat yang pernah saya singgah. Kita pasti pernah marah atau jengkel kepada seseorang dalam melewati masa itu. Jika menemui hal itu saya hanya berusaha melepaskan semuanya. Tak boleh ada ruang tersisa untuk dendam. Banyak kekonyolan yang pernah mempermalukan diri sendiri, saya tak hendak menguburnya, itu adalah masa saya yang memang situasi dan kondisi saat itu harus dipahami. Saya harus mampu memaafkan kebodohan saya sendiri. Dan tentu saja kenangan yang manis dan membanggakan kadang menjadi karunia berlipat ketika diingat lagi.

Entah suasana kampung saya, sudut-sudut malam di Jogja, atau atmosfir pagi yang dingin di jalanan Bandung, semua berusaha saya rekam sebaik-baiknya, tempatnya, orang-orangnya, detailnya. Sesekali kadang saya memutarnya lagi, mengenangnya, mensyukurinya…

Dan mungkin karena senang memelihara kenangan masa lalu, saya suka dengan lagu-lagu lama, ini salah satu lagu yang saya suka, Memory dinyanyikan Barbara Streisand.


Midnight,
Not a sound from the pavement
Has the moon lost her memory?
She is smiling alone.
In the lamplight,
The withered leaves collect at my feet,
And the wind begins to moan.

Memory,
All alone in the moonlight,
I can dream of the old days
Life was beautiful then
I remember the time
I knew what happiness was.
Let the memory live again.

Every street lamp seems to beat
A fatalistic warning.
Someone mutters and the street lamp gutters
And soon it will be morning.

Daylight,
I must wait for the sunrise,
I must think of a new life
And I musn’t give in.
When the dawn comes,
Tonight will be a memory too
And a new day will begin.

Burnt out ends of smoky days,
The stale cold smell of morning.
A street lamp dies,
Another night is over,
Another day is dawning.

Touch me,
It’s so easy to leave me
All alone with the memory
Of my days in the sun.
If you touch me,
You’ll understand what happiness is.
Look, a new day has begun.