Jika ditanya untuk apa saya menulis blog, jawaban saya bisa macam-macam. Menulis adalah ekspresi diri. Ekspresi dalam bentuk lain mungkin akan hilang dengan cepat. Ekspresi tubuh ataupun ekspresi dalam wujud omongan mungkin akan segera hilang dan dilupakan, bahkan oleh kita sendiri. Tulisan akan relatif lebih lama terekam. Saya tidak tahu tulisan ini anda baca seberapa lama dari saat saya tulis. Apalagi dengan adanya internet, saya tak tahu seberapa jauh tulisan ini dibaca dari posisi ketika saya menuliskan.
Namun, perkembangan teknologi tak lagi menyebabkan blog sekedar ajang berekspresi tapi juga berprofesi dan penghasilan. Banyak blogger berpenghasilan puluhan juta. Dan sayapun mencoba menjejak ranah ini, memang menarik dan menjanjikan. Apalagi setelah menerima hasilnya di tangan. Aktifitas baru ini tak urung membuat aktifitas blog sebagai media ekspresi saya terbengkalai. Saya jadi jarang menulis dan lebih banyak “tergoda” untuk update di blog yang menghasilkan duit. Asal tahu saja, update di blog yang bertujuan bisnis ini benar-benar mengikuti pasar, bukan dari dalam diri dan karenanya justru relatif lebih mudah. Menulis dengan penuh ekspresi dan dari dalam diri jauh lebih sulit, apalagi kalau berpikir bahwa tulisan ini tak ada keuntungan finansialnya.

Namun, menulis apa yang ada di pikiran dan di hati nampaknya memang menjadi kebutuhan tersendiri dan saya tak bisa meninggalkannya. Apalagi banyak sekali komentar dan respon teman-teman yang sebagian besar tak saya kenal sebelumnya (kebanyakan via SMS) yang membesarkan hati dan menunggu tulisan2 saya. Ditambah lagi, khittah saya menulis blog awalnya memang untuk ekspresi, bukan untuk cari duit.
Saya akhirnya memutuskan untuk berdiri di dua dunia sekaligus, sebagai blogger yang menulis untuk tujuan komersil sekaligus mjd blogger sejati sebagai ekspresi dari diri saya,sebagai eksistensi seorang anak manusia. Ini pula yg mjd semangat 30 tulisan saya,30 hari ini.
Semoga jejak saya ini sedikit banyak akan dapat memberikan kemanfaatan bagi kita semua.
Terimakasih Tuhan…

