Dalam salah satu puisinya dalam Matsnavi, Jalaludin Rumi menggambarkan peristiwa-peristiwa hidup ibarat tamu-tamu asing yang mendatangi kita sebagai tuan rumahnya. Tamu-tamu yang kadang datang tak diundang atau pergi sesuka hati. Yang kadang datang membawa hadiah dan kabar gembira namun juga seringkali membawa duka atau bahkan merampok dan menghancurkan seisi rumah. Namun bagaimanapun mereka adalah tamu-tamu kita, yang harus disambut sebaik mungkin, betapapun mengecewakan atau meletupkan amarah.

Begitulah hidup, tak peduli nasib yang menimpa kita itu baik atau buruk, menggembirakan atau meluluhlantakkan perasaan, mau tak mau kita harus meneruma, tak dapat kita menolaknya. “Syukurilah semuanya,” kata Rumi, “karena mereka (para tamu itu alias nasib baik dan buruk itu) telah dikirim sebagai pemandu dari seberang.” yang membuat kita belajar dan dewasa.
Kalau anda sebagai tukang becak, seberapa banyak pelanggan anda antar?
Sebagai sopir bis, seberapa banyak penumpang sudah anda bawa? Sebagai penulis, seberapa banyak anda menjangkau para pembaca anda? Sebagai guru, ada berapa banyak murid pernah anda ajar? Sebagai trainer, seberapa banyak orang sudah anda latih? Sebagai seorang manusia, seberapa banyak anda pernah bersinggungan dengan manusia lainnya?
Dengan mereka itu, penumpang, pelanggan, pembaca, murid dan semua orang yang pernah bertemu kita, ada banyak bermacam pribadi, beragam sikap, dan berbagai hal yang mungkin membuat kita senang, terketuk hati, jengkel, marah dan banyak lagi perasaan lain.
Ini menimpa semua orang, anda dan juga saya.
Meski terkadang berat dan susah, saya pribadi selalu ingin berusaha mengambil hikmah dari setiap apapun peristiwa, dari siapapun orang.

Kata Rumi, tamu-tamu harus dijamu dengan baik. Mungkin sang tamu akan sering berkunjung atau hanya sekali seumur hidup. Maka ketika dia pergi, siapapun tamu itu, persembahkan ‘setangkai bunga,’ sesuatu yang memberikan kesan yang dalam dan tak terlupakan, sebuah pesan yang akan selalu didengungkan.

(Thanks to Mrs. Sinta Dhame dan Mrs. Ajriyani)

Advertisements