Sudah agak lama saya berniat untuk berksperimen untuk “agak” serius menulis blog. Selama ini saya menulis blog kalau sempat dan mau saja, meski banyak ide yang sebenarnya berseliweran menunggu dituliskan.
Adalah sebuah film tentang blogging, Julie and Julia. sebuah ide sederhana tentang memasak yang dituliskan dalam blog. ide ceritanya ringan tapi menarik dan inspiratif. Film ini berkisah tentang Julia Child menulis buku memasak fenomenal dan kisah Julie Powell yang mempraktekkan buku masak karya Julia. Pengalaman percobaan memasak ini ditulis Julie di blog dalam 365 hari. Banyak suka duka dan adegan lucu seperti ketika ada komentar pertama di blog. Juga bagaimana kekonyolan, serta pertengkaran hebat antara Julie dan suaminya. Namun semua berakhir happy ending. TUlisan Julie di bllog menjadi hits dan akhirnya dibukukan bahkan difilmkan.

Ada beberapa poin menarik dari film ini tentang blogging, setidaknya yang saya dapat.

  • Blog adalah representasi diri anda yang unik, jadi sajikan keunikan itu.
  • Tulis tema yang fokus.
  • Tentukan target yang pasti.
  • Jaga komitmen.

Saya lalu teringat untuk mencoba menulis blog dengan lebih ketat. Dan dalam 30 hari ke depan saya akan mencoba untuk menulis setidaknya 1 tulisan per hari dimulai hari ini…
Dan mengutip kata-kata yang sering diucapkan Julia Child:
Bon Appetit! (Selamat menikmati).

1 Juni 2010

