Kalau Anda suka nonton parodi politik semacam Republik Mimpi, di dunia online social network belakangan muncul fenomena parodi yang menurut saya lebih menarik. Simak saja misalnya munculnya akun @VMelinjo di twitter (twitter.com/VMelinjo). Akun yang diparodikan dari anggota DPR yang juga artis ini muncul sebagai tokoh parodi fiktif Vena Melinda. Sejak lama memang artis-artis yang kini ikut tren terjun ke politik sering menjadi sindiran sinis karena dianggap cuma jual tampang dan minim kontribusi. Bahkan pada suatu sesi wawancara, ada artis yang menjadi anggota DPR kelabakan tak bisa menjawab pertanyaan tentang apa saja hak anggota DPR..

Kembali ke akun @VMelinjo, di tweet-tweet nya tercermin sindiran-sindiran terkait perannya, atau pengetahuannya mengenai kondisi aktual. Semisal komentarnya tentang human trafficking yang katanya itu urusan Departemen Perdagangan (LOL).. Saya salut dengan selera humor pembuat akun ini. Namun sayang setelah berita ini dilansir detik.com, orang dibalik @VMelinjo akhirnya menutup akun ini. Walau mengetahui ini akun palsu, orang tetap saja seneng membaca tweet-tweet nya yang menghibur dan cerdas.

Berikut beberapa tweet-nya:

Sambil dandan, sambil nonton diskusi tentang anak jalanan di TV. Anak = Human. Jalanan = Traffic. Oh, itu toh maksudnya human trafficking.

Cari info ttg human trafficking di mana, ya? Di Yellow Page ngga ada no telp-nya nih. Hmmm. Google aja deh.

Gara2 meeting batal, saya ke bioskop utk cari tontonan. Saat ini saya sedang berada tepat di depan loket bioskop. Hmm. Nonton apa ya?

Mau nonton Nine, tapi takut ngga ngerti. Saya belum nonton One, Two, Three, Four, Five, Six, Seven, dan Eight.

Mau nonton Case 39, waduh apalagi! Mesti nonton Case 01 -Case 38 dulu!

Kepingin nonton “3 Idiots”, tapi saya tersinggung membaca judulnya.

Saya nonton Nine saja deh. Saya ingat, dulu sudah pernah nonton Seven-nya Brad Pitt. Jadi hanya ketinggalan yang Eight saja. Tidak apa.

Menurut saya, film Nine itu aneh. Lokasi di Italia, tapi kok Patung Liberty-nya ngga kelihatan sama sekali?

Brad Pitt tampak lebih kurus dan tua di Nine. Tidak seperti di Seven. Mungkin di Eight dia ceritanya diet, ya?

Laju hidup saya seiring gerak langkah salsa: selangkah maju, dua langkah mundur, lalu berputar.

Kenapa saya senang menari salsa? Karena, saya pikir kita semua harus melestarikan budaya bangsa kita sendiri.

Kata siapa salsa itu punya Amerika Latin? Wong kafe-nya saja ada di Kemang, kok.

Sedikit bicara dan banyak berdansa adalah resep membuat suami betah di rumah. Saya sedang memasang sebuah tiang di ruang tamu.

Pagi ini sarapan sambil lanjut baca “Da Vinci Code”. Ternyata rumit sekali sejarah pendirian perusahaan furniture mewah itu.

Melelahkan sekali cerita perusahaan Da Vinci ini. Rumit. Nampaknya saya akan beralih ke buku origami terbaru saja. “Perahu Kertas”.

@VMelinjo hanya “hidup” 3 hari dan sudah mendapat ribuan follower. Sayang memang akun ini harus dihapus, mungkin pembuatnya takut dijerat UU ITE. Selain @VMelinjo, ada lagi akun parodi lain yang menyaru menjadi om “pakar” IT yang juga anggota DPR. Tweet nya dapat dilihat di @RoySayur (twitter.com/RoySayur).
Ini beberapa tweetnya

Konstituenku, tahukah kamu kalo Tuhan lah pencipta sejati bilangan biner? Ia sembunyikan kode 010 di tubuh Nabi Adam. Eureka!!

Kemarin saya janji ketemu dng Ruby di PIM utk damai. Dia payah! Saya bilang saya menunggu di dpn toko Coming Soon, dia ga tau juga.

Saya pernah jumpa @tikaPanggabean ternyata eh ternyata ia jauh lebih cantik dibandingkan jika dilihat di tipi. Bukan rekayasa photoshop!!

Ada lagi yang tahu tokoh publik yang diparodikan?

Advertisements