kita semua pasti pernah kehilangan. Dari kehilangan kecil maupun kehilangan yang sangat berharga, dari kehilangan uang sdikit, kehilangan HP sampai kehilanga orang yang kita cintai.

Dari semuanya pastilah kehilangan itu menjadi hal yang tidak menyenangkan dan bisa jadi membuat kita terpukul. Tak jarang kehilangan itu kemudian menjadi awal kehilangan lain dan akhirnya meruntuhkan segalanya. Ada pula dari kehilangan itu kta menjadi belajar untuk lebih baik sehingga kehilangan itu akhirnya mendapatkan ganti yang bisa jadi lebih baik lagi. Ada keluarga yang ketika ditinggal mati salah satu anggotanya justru mrmbuat kekeluargaan menjadi pecah berantakan karena kehilangan sosok pemersatu atau karena masalah warisan. Ada juga keluarga yang tadinya kurang harmonis, ketika ditinggalkan sosok yang dicintai akhirnya semua anggota keluarga mendapatkan hikmah karena belajar untuk saling mendukung satu dengan lainnya, dari semula tidak peduli menjadi saling lebih mencintai. Semua tentu akan sangat bergantung kepada bagaimana kita menyikapi kehilangan itu.
Ada yang menyalahkan diri sendiri karena kesalahan diri sendiri, ada pula yang malah menyalahkan takdir.

Kehilangan, seperti juga yang menimpa saya dan keluarga, sempat membuat shock dan tak tahu harus bersikap apa. Sampai akhirnya saya harus sadar bahwa kehilangan itu sudah di luar kekuasaan kami. Kami pun harus belajar meyakinkan diri bahwa jika ini karena salah dan dosa kami maka kami haruslah selalu istighfar memohon ampunan. Namun jika ini semua memang murni kehendak-Nya maka kami harus bisa ikhlas menerima semuanya karena Dia-lah pemilik semesta raya ini.

Kehilangan juga menyadarkan untuk selalu mensyukuri apa yang ada dan kita miliki saat ini, untuk menjaganya dengan sebaik-baiknya dan jangan sampai kita baru menyadari ketika semua itu sudah tak ada di sisi kita lagi. Kehilangan salah satu keluarga yang dicintai justru hendaknya menjadi motivasi untuk lebih peduli dan lebih mencintai keluarga yang masih ada.

Dan perlu diingat bahwa sebesar apappun kehilangan kita, ada satu hal yang harus kita jaga jangan sampai ikut hilang, yaitu harapan. Harapan bahwa Allah akan memberikan semua hal yang terbaik kepada kita, bahwa kasih sayang-Nya jauh lebih besar dari kehilangan yang kita alami.

Advertisements