Bagi para pengguna twitter, tentu tak akan dapat lepas dari memantau status teman-temannya ataupun meng-update statusnya sendiri, kapanpun dimanapun. Berkat adanya teknologi seluler maka hal ini sangat dimungkinkan. Kita dapat mengakses twitter melalui ponsel dan membaca ataupun menulis update disana. Tak hanya menggunakan WAP/GPRS, sekarang mulai banyak layanan yang juga semakin beragam salah satunya akses Twitter dengan SMS.

Three adalah salah satu provider yang menyediakan layanan SMS Twitter. Saya hari ini mencoba layanan ini dan sengaja beli kartu SIM 3. Aktivasi kartu ini cukup mudah juga dalam penggunaan SMS Twitter-nya. Untuk mengaktifkan Twitter, alias login, cukup dengan mengirim SMS berisi REG dan dikirimkan ke nomor 21212. Setelah beberapa saat akan ada konfirmasi apakah login diterima atau tidak. Jika login sudah diterima, kita dapat melakukan aktifitas ber-twitter ria seperti biasa hanya saja medianya memakai SMS. Untuk mengirim tweet, tinggal dituliskan saja seperti SMS biasa dan dikirim ke 21212. Untuk mem-follow seseorang cukup diketikkan ON dan dikirim ke 21212.
Pengalaman menggunakan SMS Twitter dari 3 ini cukup memuaskan. Saya memposting via SMS dan dalam beberapa saat sudah tertampil di twitter. Begitu pula beberapa teman yang saya follow otomatis tweet-nya masuk ke HP saya.
Untuk biaya, saya baca-baca di internet kok berbeda-beda. Katanya SMS Twitter Three ini berbiaya Rp.50 setiap update, ada yang bilang Rp.250/hari. Kalau menerima tweet kita gak perlu bayar alias gratis. Pengalaman saya ternyata malah pulsa tak berkurang sama sekali baik saat mengirim atau menerima tweet.
Oya, kabarnya Three juga sudah mendukung fitur upload foto ke twitter via MMS (katanya berbiaya Rp.150/MMS). Namun ketika saya tanya ke CS-nya ternyata dia belum tahu. Kita tunggu saja berita lanjutannya.

