Beberapa waktu lalu saya membuat blog baru dengan domain dan hosting sendiri menggunakan engine/mesin WordPress. Setelah saya utak atik template dan mengisi posting saya berharap Google segera meng-index blog saya ini. Namun setelah sekian lama ternyata blog saya ini tak dikenal oleh search engine sama sekali. Padahal blog lain yang notabene gratisan malah sudah terindeks di Google. Hal ini membuat saya cukup pusing. Pasalnya selain telah mengisi konten, mem-bookmark di beberapa social bookmarking, mendaftarkan di Webmasters Tools maupun link building ternyata blog saya tetap tak tersentuh Google.
Selidik punya selidik, setelah 2 bulan lebih, saya menemukan akar masalahnya. Saya baru tahu ternyata WordPress versi baru seperti yang saya install, secara default mem-blok search engine. Hal ini berakibat konten yang ada di blog ini tidak akan diindeks Google. Blog saya yang saya buat sebelum Januari 2009 tak berpengaruh karena setting WordPress yang lama agar diindeks telah dibuka dan secara default sudah demikian. Untuk blog yang baru justru sebaliknya, secara default malah di blok. Jadi, jika Anda sedang atau telah membuat blog baru dengan mesin WordPress perhatikan setelan ini, yaitu di Menu Setting-Privacy. Pilih opsi kedua dimana blog akan diindeks search engine. Jangan sampai upaya yang sudah dilakukan tak membuahkan hasil karena Google tidak meng-indeks blog Anda, gara-gara masalah sepele ini.