Kata orang, back up adalah hal yang tak penting, sampai menemui ada masalah. Ini berlaku juga bagi blogger. Baru-baru ini blog saya dan banyak blog lain di Blogger aka Blogspot sempat kena badai suspend. Tanpa tahu persoalannya, tiba-tiba banyak blog yang dinyatakan dihapus dan pengguna tidak bisa login. Bagi saya sendiri ini menimbulkan kepanikan tersendiri mengingat banyak sekali posting saya di blog tersebut belum ada salinannya. Beberapa waktu sebelumnya saya mendapat warning kalau ada 2 blog saya diindikasi sebagai splog (spam blog), saya rada khawatir juga kalau akhirnya blog saya ini nantinya dihapus sehingga segera saja kedua blog saya ini saya backup. Setelah ada konfirmasi kalau blog saya ‘bebas’ dari sangkaan sebagai spam saya cukup lega.

Namun nyatanya kondisi menjadi lebih parah karena tiba-tiba 2 hari lalu saya tak bisa login ke Blogger, beberapa blog hilang dari peredaran, beberapa yang lain masih online tapi tak bisa diapa-apain. Saya masih ingat memiliki backup bulan lalu untuk sebagian blog. Sebagian lain sudah saya relakan saja, lha mau gimana lagi. Akhirnya dari data backup ini saya transfer ke blog di hosting sendiri berbasis WordPress (meski belakangan saya cancel karena akun Blogger sudah normal dan blog yang hilang suah online lagi).

Pelajaran berharga dari kasus Blogger ini adalah back-up-lah blog selagi blog masih “sehat”. jangan sampai ketika blog sudah diblokir baru terpikir untuk backup. Dalam kasus Blogger ini banyak sekali pengguna yang mengeluh. Ada yang mengaku blog ini adalah catatan hidup bertahun-tahun (yang tak ada di tempat lain), ada yang mengaku data posting blog-nya berisi catatan harian anaknya yang menderita autis dan bersiap akan dibukukan yang backup terakhirnya di tahun 2006, dan banyak lagi.

Untuk Backup blog ini sebenarnya bukan hal yang sulit. Blog terkenal seperti Blogger/Blogspot atau WordPress sudah memberikan fasilitas untuk backup dengan melakukan export data posting ke file yang dapat kita download. File ini dapat kita gunaakn untuk me-restore/mengembalikan data artikel yang hilang atau untuk ditransfer ke blog yang lain. Kita dapat mentransfer data posting antar blog dengan mudah misalnya blog semula yang ada di Blogger akan dipindah isinya ke WordPress atau sebaliknya. Kita dapat gunakan layanan seperti blogbackuponline.com yang akan melakukan back-up secara otomatis dan berkala.

Untuk me-recover blog atau transfer posting dapat dilakukan juga dengan mudah dengan menu import. Jika file import berasal dari BLogger/blogspot dan akan dipindah ke WordPress, kita dapat menggunakan tools online di http://blogger2wordpress.appspot.com/ untuk mengkonversi file menjadi format WordPress. Untuk WordPress ke Blogger kita bisa pakai http://wordpress2blogger.appspot.com/.

backup data
Gambar dari computerrepairmaintenance.com

Ya, backup adalah hal yang tidak bermanfaat, KECUALI ketika Anda menemui masalah
Jadi, sudahkah Anda mem-backup blog Anda?

