Bagaimana jika Anda punya lapak pinggir jalan yang sudah bertahun berdiri, memberi sedikit banyak penghidupan maupun romantika, tiba-tiba tanpa alasan jelas, tanpa peringatan, digusur begitu saja oleh buldozer trantib? Barangkali seperti inilah yang saya rasakan. Betapa tidak, blogger menutup account saya yang mana berisi lebih dari 100 blog, dimana beberapa adalah blog yang saya buat mungkin sekitar 2006. Sebagian lain adalah blog yang merupakan blog penghasil pendapatan tambahan yang akhir-akhir ini cukup menggembirakan. Saya tidak tahu penyebab pasti suspend ini, saya juga cuma numpang gratis di blogger jadi agak naif kalau saya harus mencak-mencak.
Saya, yang mulai jatuh cinta ke blogger, setelah biasanya lebih nyaman di WordPress, kini jadi berfikir ulang. Apalagi kalau mau membuat blog untuk penghasilan, ternyata lebih aman kalau punya hosting sendiri. Bayangkan blog dengan ratusan mugkin ribuan posting hilang dalam sekejap mata begitu kena suspend. Untungnya, beberapa blog sudah saya backup.
Yah, beginilah nasib kalau numpang di halaman orang, sewaktu-waktu harus siap kehilangan lapak karena digusur tanpa sebab.

Advertisements