Bagi para blogger, backlink ibarat energi yang menjadi suppor bagi keberadaan website atau blognya. Tak jarang si blogger beredar dimana mana, komentar dib log lain atau sibuk tukar link kesana kemari dengan tujuan mencari backlink. Menurut kawan saya yang faham SEO, cara-cara ini sebenarnya kurang efektif. Justru lebih efektif dengan membuat blog dummy sebanyak-banyaknya dan kita buat link dari blog tersebut.
Setelah saya cari-cari referensi lain, salah satu cara mencari backlink adalah submit posting kita di social bookmark.
Saat ini banyak sekali situs social bookmark yang ada di internet dan Pagerank nya lumayan tinggi. Namun perlu diketahui, tidak semua situs bookmark mensetting URL dengan attribute DO FOLLOW. Artinya, link ke blog kita di situs tersebut tidak akan diindex oleh Google. Jadi, sebaiknya untuk submit ke Social Network, pilih layanan yang beratribut DOFOLLOW.
Berikut beberapa layanan Social Bookmark DOFOLLOW beserta Page Rank-nya

1. Folkd [V] (7)
2. Oneview (German) (7)
3. Spurl (6)
4. Feedmarker (6)
5. LinkaGoGo (5)
6. SpotBack (5)
7. Connectedy (5)
8. Blinklist [V] (5)
9. MyLinkVault (4)
10. A1 Webmarks (4)
11. OYAX (4)
12. Pixelmo [V] (4)
13. TeDigo (2)
14. MyPIP (3)
15. SyncOne (3)
16. Yattle (3)
17. Memfrag (3)
18. Ziki [V] (1)
19. i89 (0)
20. Chipmark (0)

Untuk submit secara mudah ke banyak Social Network, kita juga dapat memanfaaatkan submitter seperti socialmarker.com. Kita juga dapat memanfaatkan tools seperti MemoKeys untuk memudahkan copy-paste sehingga kita tak perlu banyak menulis ulang.