Demam Facebook yang melanda pengguna internet dimana-mana ternyata tak hanya berdampak positif dan bermanfaat, tapi juga bisa menjadi negatif dan merugikan. Facebook telah menjadi salah satu “musuh”, utamanya bagi kantor-kantor yang banyak pegawainya sudah kecanduan dan lebih banyak menghabiskan waktu bersosialisasi di Facebook daripada bekerja. Selain itu, konsumsi bandwith Facebook yang cukup memakan resource bandwith juga menjadi masalah tersendiri sehingga dapat menimbulkan dampak berupa akses internet kantor yang melambat.

Banyak kantor yang akhirnya mengambil kebijakan memblokir Facebook demi keberlangsungan dan kelancaran bekerja. Ini tentu saja menimbulkan kekecewaan bagi Facebooker sejati yang harus setiap saat terkoneksi. Saya pribadi meskipun sudah sejak lama memiliki akun FB (mungkin sejak 2007an) saya sendiri tak terlalu berminat ber-FB ria, sampai sekarang 🙂
Namun bagi pengguna yang terlanjur addicted dan merasa kecewa dengan diblokirnya FB, ada sedikit trik bagaimana mengakali Facebook yang diblokir ini.
Kita dapat mengakses FB dari situs transcoder yang biasanya dibuat untuk perangkat mobile. Meski tak sepenuhnya mirip seperti mengakses situs aslinya paling tidak masih membantu untuk selalu connected.

Salah satu transcoder yang sudah saya coba adalah skweezer. Caranya, buka situs skweezer.com. Masukkan alamat FB (atau situs lain yang diblokir). Karena transcoder ini didesain untuk perangkat mobile sebaiknya gunakan FB versi mobile (m.facebook.com). Masukkan username dan password seperti biasa. Dan FB pun dapat diupdate dan diakses, meski dengan keterbatasan.
Cara ini juga membutuhkan bandwith yang tak besar sehingga tidak mengganggu akses internet secara umum. Cara ini tentu tak akan berhasil lagi jika skweezer juga ikut diblokir.