Saya banyak menemukan beberapa perilaku yang sama dari beberapa diklat yang kebetulan saya bawakan materinya. Dari beberapa perilaku peserta saya bisa mengambil kesimpulan (yang mungkin subyektif) kalau budaya membaca kita sungguh sangat kurang dan cenderung takut berinisiatif. Beberapa kali dari peserta mengajukan pertanyaan-pertanyaan yang sangat teknis dan terkadang pertanyaaan serupa sebenarnya sudah diajukan peserta lain.  Karena saya mengajar materi teknis semisal membuat blog, saya pun membuat modul yang sudah saya rancang secara urut, langkah per langkah. Yang membuat saya heran adalah untuk mengerjakan langkah-langkah ini saya harus menuntun hampir secara personal. Saya seringkali menunjukkan modul di halaman ke sekian untuk langkah tertentu dan tinggal mengikuti, tapi kebanyakan tetap tidak mau membacanya dan lebih suka praktek mengikuti instruktur dan bertanya kalau ada kesulitan. Tidak jarang malah mereka mengikuti langkah yang dipraktekkan dan menulis langkah tersebut tanpa membuka modul. Waduh, padahal saya yakin di modul tersebut lebih detil bahkan disertai ilustrasinya. Kayaknya memang kultur (pendidikan) kita seperti itu.

Tak sengaja, waktu break istirahat beberapa instruktur senior ternyata memperbincangkan hal yang sama…

