Suatu ketika kita mungkin memerlukan banyak email untuk suatu keperluan. Semisal kita mendaftar di suatu layanan (blog dll). Kita lalu diminta memasukkan email, karena password  (atau aktivasi) akan dimasukkkan ke email tersebut. Sekali email digunakan di layanan ini, biasanya ketika kita mendaftarkan account baru maka kita akan ditolak karena email sudah terdaftar. Ini menjadi persoalan tersendiri, misalnya kita tengah mengajarkan cara membuat blog. Kadang kita mau tidak mau harus membuat email baru.

Sebenarnya ada trik yang cukup mudah untuk mengakali hal ini. Gmail memberikan fitur yang cukup unik (atau jangan-jangan ini malah bug?). Jika kita punya email di Gmail, email-email yang memiliki karakter dot (titik) akan diabaikan. Misalnya saya memiliki email mtamim@gmail.com maka  ketika ada orang mengirim email ke m.tamim@gmail.com akan dikirimkan ke mtamim@gmail.com.
Selain itu alamat email di gmail yang memiliki tanda plus (“+”) maka karakter dibelakang tanda tersebuat akan diabaikan. Misalnya mtamim+blog@gmail.com akan dianggap sebagai mtamim@gmail.com. Konon ini katanya bisa dipakai memfilter email. misalnya email kita di milis kita dafatarkan sebagai mtamim+milis@gmail.com, maka email dari milis tersebut akan dimasukkan ke folder “milis” di inbox kita. Namun, banyak web yang tidak membolehkan pemakaian tanda plus di email.

Kembali ke multiple account, dengan layanan(/bug) unik dari Gmail ini kita bisa manfaatkan untuk dapat membuat account berbeda-beda dengan tetap menggunakan satu email (baik dengan pemakaian titik atau plus). Saya sudah mencoba membuat account wordpress dengan tambahan tanda plus. Dan berhasil! Ternyata WP mengenali email dengan format email+1@gmail.com dan email+2@gmail.com sebagai dua email berbeda…