Sejak hampir dua tahun yang lalu saya sudah beberapa kali mendengar akan adanya buku gratis yang akan disediakan pemerintah (Depdiknas) untuk mengatasi mahalnya buku pegangan siswa, kabar yang tentunya cukup menggembirakan. Saya juga mendengar sudah ada banyak buku yang “dibeli” oleh pemerintah untuk kemudian disebarluaskan dengan gratis. Namun, sudah berkali kali saya mencari informasi mengenai keberadaan buku-buku yang katanya bebas didownload ini, tapi tidak pernah menemukannya. Saya terus terang menjadi agak skeptis dengan program ini.

Hari sabtu kemarin saya tidak sengaja melihat iklan di TV tentang hal ini. Ada sebuah iklan dari Depdiknas menyebutkan bahwa sudah ada 49 judul buku yang telah dibeli pemerintah yang sekarang sudah dapat didownload secara gratis di situs http://bse.depdiknas.go.id. Saya kembali agak bersemangat. Namun ketika saya mencoba membuka web tersebut ternyata lambat sekali, bahkan sempat error. Saya lalu iseng membuka dari alamat ebook.depdiknas.go.id baru bisa terbuka. Selain lambat saya lihat beberapa jenjang masih belum lengkap.
Saya mencoba mendownload beberapa buku, utamanya yang matematika. Baru dapat beberapa judul, itupun harus penuh kesabaran menunggu byte demi byte transfer data. Seharusnya pihak Depdiknas menyediakan server yang memadai untuk download ini. Saya membayangkan jika saya yang bandwith nya cukup besar saja masih kewalahan mendownload apalagi teman-teman lain yang bandwithnya kecil, ditambah lagi jika nanti lebih banyak lagi masyarakat yang akan mengakses situs ini.

Saat ini saya dan beberapa teman tengah mengumpulkan ebook-ebook ini. Semoga lebih banyak buku lagi yang dapat didownload dan nantinya dapat disebarluaskan ke lingkup yang lebih luas.

