Coba bandingkan kedua gambar berikut

Gambar pertama pernah beredar dengan tambahan cerita macam-macam, misalnya ini diperkirakan kerangka Nabi Adam atau Kaum Ad yang disebutkan dalam al-Quran. Diberitakan pula misalnya kerangka raksasa ini ditemukan di kawasan pertambangan Aramco Arab Saudi dan lokasi penemuan ditutup untuk publik dsb. Ada juga cerita bahwa ini ditemukan di India dan bagian dari mitos Rhaksasa melawan dewa.

Kenyataannya, foto yang di atas adalah hasil retouch photosop yang dilombakan di http://www.worth1000.com. Silahkan lihat beberapa foto lain yang di-retouch yang juga menakjubkan di situs tersebut.

Foto kedua disinyalir sebagai foto asli sebelum di-retouch yang merupakan foto penggalian fosil mastodon.

Sekali lagi saya hanya ingin mengingatkan bahwa hoax bisa dibuat dan disebarkan siapapun dengan tujuan apapun. Yang membuat prihatin adalah jika hoax ini dikait-kaitkan dengan agama (misalnya fosil raksasa ini dikaitkan dengan Kaum Ad dalam Al-Quran, padahal dalam Al-Quran-pun tidak secara eksplisit menyebutkan Kaum Ad berwujud raksasa). Bayangkan jika ada seorang muslim yang percaya betul dengan ini lalu disebarluaskan ke banyak orang lalu di satu saat mengetahui bahwa ini adalah berita palsu. Sekali lagi dalam dunia penuh informasi tak karuan seperti ini kita harus ekstra hati-hati memilah dan memilih informasi yang benar.

Maha Suci Allah dari segala tipuan

Baca juga posting

https://mtamim.wordpress.com/2007/07/17/fosil-spektakuler-di-jebal-barez/

Advertisements