Kalau bicara blog yang menghasilkan uang kita mungkin akan langsung terpikir dengan Google Adsense. Padahal sebenarnya banyak sekali model bisnis online ini. Salah satunya adalah afiliasi. Dan kalau bicara afiliasi tidak mungkin kita tidak menyebut Amazon. Sudah sejak lama Amazon dikenal sebagai toko online yang sukses. Bermula dari jualan buku, sekarang juga berjualan macem-macem barang dari T-Shirt, DVD, elektronik dll.

Saya sendiri “berpartner” dengan Amazon sejak akhir tahun lalu, jualan HP sama buku. Wuih, ternyata susah. Kalau di adsense pengunjung cukup mengklik link dan kita dapat komisi (meskipun kecil tapi ajeg). Kalau di Amazon, kita hanya akan dapat komisi jika pengunjung akhirnya membeli produk melalui link kita.

Mulanya saya pasang etalase di area yang gampang dilihat. Setelah lama nggak menampakkan hasilnya, maka produk-produk jualan Amazon saya pindah di posisi bawah dan hampir tidak terlihat. Beberapa hari lalu saya mengecek pendapatan total. Biasanya saya jarang mengecek total earning, biasanya $US 0… Setelah saya amati, ternyata di bulan Januari pernah ada transaksi, 2 buah buku pemrograman Java, dengan fee sebesar $1.69. Sedikit memang, tapi setelah mengetahui adanya produk yang laku ini beberapa produk nya Amazon mulai saya pajang lagi 😉

Ya, siapa tahu berbisnis dengan Bung Amazon lebih menarik….