Kemarin saya mendapatkan surat dari penerbit berisi laporan penjualan buku yang pernah saya tulis dan royalti dari penjualan tersebut. Buku saya ini, paling tidak menurut saya sendiri, termasuk yang biasa-biasa saja alias bukan bestseller sehingga royalti yang saya dapatkan relatif kecil. Saya lalu membandingkan dengan aktifitas menulis dalam bentuk lain, yaitu menulis blog.

Dari sisi keuntungan materi, menulis blog (atau di website) ternyata lebih menguntungkan. Sebagai pembandingan, hasil royalti dari penjualan buku saya ini dalam beberapa bulan ternyata lebih kecil dibanding dengan hasil dari aktifitas blogging saya bahkan tidak sampai seminggu. Belum lagi jika dibanding dengan effort yang juga lebih mudah. Menulis buku tidak bisa satu-dua hari, butuh ketekunan dan kesabaran luar biasa. Kalau menulis blog ya bisa sambil lalu, menulis ketika ada mood saja.

Ini tentu saja sangat relatif dan sangat subjektif. Saya kenal seseorang yang sangat aktif menulis buku, mungkin sebulan sekali ada bukunya yang terbit. Bukunya juga bagus-bagus. Dibanding teman saya ini royalti saya tentu tidak ada apa-apanya. Saya ambil contoh lain, Habiburrahman sukses dengan novel AAC-nya tentu dengan penerbitan buku novel-nya tersebut. Kalau novelnya dirilis dalam bentuk digital misalnya, saya tidak yakin akan booming seperti sekarang. Soal blog yang menghasilkan, saya-pun sebenarnya tidak ada apa-apanya dibanding blogger-blogger berpengalaman yang mampu menghasilkan ribuan dolar per bulan. Saya sendiri sudah cukup kaget dan bersukacita ketika bulan kemarin nilai pendapatan sebulan penuh bisa “pecah telor” mencapai US$100.05.

Namun, selain materi, banyak hal yang patut menjadi pertimbangan juga. Kita kadang menulis (terutama menulis blog) bukan untuk uang semata. Kita kadang hanya senang berbagi, senang mencari teman, atau dalam rangka aktualisasi diri, jadi ketika menulis tidak selalu dalam rangka mencari uang saja.

Kalau saya pribadi, pilihan antara menulis buku atau blog (baik untuk tujuan mencari penghasilan atau hobi), saya akan memilih yang kedua.

Oya, ini link buku yang pernah saya tulis, Pemrograman ADO-DB PHP.