Membaca beberapa media hari-hari ini membuat prihatin juga. Betapa tidak, beberapa situs akhirnya diblok oleh ISP. Ada beberapa variasi memang. Setidaknya ada beberapa situs yang sudah dilibas oleh sebagian ISP; Youtube, MySpace, Metacafe, Rapidshare, Multiply, Liveleak dan Themoviefitna.com.
Ini mungkin belum berakhir, tidak ada yang dapat memastikan tidak akan ada lagi situs lain yang bakal menyusul untuk diblokir.

Seingat saya sejak dulu belum pernah ada blokir memblokir macam ini di Indonesia. Ini, menurut saya menjadi preseden kurang baik bagi perkembangan berdemokrasi internet kita. Ini juga memberi dampak yang kurang mengenakkan bagi pengguna (Baca:Online Demi Susu Anak Speedy Blokir 7 Situs, Ibu Rumah Tangga Menjerit!). Saya sendiri memasang video pembelajaran matematika yang saya embed ke website kantor. Sejak diblokirnya youtube, tak ada gambar apapun yang tertampil. Padahal saya sedang menyiapkan untuk meng-upload beberapa video lagi.

Saya cukup cemas juga jika akhirnya WordPress atau Blogspot ditutup. Bisa gulung tikar pula dagangan….

