Beberapa hari lalu, saya baru ngobrol di depan rumah dengan kawan lama. Tiba-tiba keponakan saya datang membawa amplop. “Om, dapat surat dari Malaysia”, katanya sambil memberikan amplop dan pergi lagi. Saya liat pengirimnya tidak tertera di amplop, cuma ada cap “missent to Malaysia”. Mungkin sebelumnya salah kirim ke negri jiran ini, dan mungkin juga karena cap itu maka keponakan saya bilang itu surat dari Malaysia.

cek1.jpg

Setelah saya buka, ternyata amplop  itu berisi selembar cek dari Google Adsense. Di situ tertulis “This check is for your earning as part of the Google Adsense Program.” ini adalah cek yang dikirim sebagai “gaji” setelah pendapatan sebagai publisher GA mencapai 100 dolar lebih. (Baca juga tentang PIN). Cek ini bernilai *** dolar, yah lumayan buat pemula 😉 (maaf, aturan Google, kita tidak boleh mempublikasi pendapatan kita). Ini sebenarnya cukup surprise karena saya dulunya iseng-iseng saja ikutan program ini dan sejak kuliah S1 dulu-pun saya pernah mencoba bebberapa online earning yang ternyata cuma isapan jempol. Dengan datangnya cek ini, saya baru bisa bilang kalau program Google Adsense ini bukan tipuan. (Meski saya tahu ada beberapa orang yang penghasilannya udah 4 digit dari program ini).

Kini, setelah dapat cek, tinggal cari tahu bagaimana mencairkan uangnya (maklum, sebelum ini belum pernah nerima cek). Karena penerbitnya adalah Citibank NY, maka cek ini agak susah dicairkan disini. Bisa sih, tapi perlu biaya yang lumayan.

Pengalaman ini mungkin saya akan share dengan teman-teman siapa tahu bisa juga dapat penghasilan tambahan dari ngeblog..

😀

