Pagi ini saya buka Inbox email di akun Yahoo saya. Agak kaget ternyata ada email dari Yahoo dengan subjek Yahoo Warning!!! (Verify Your Account Now To Avoid Service Suspension..) yang menyatakan bahwa Yahoo sedang mem-verifikasi akun member-membernya karenan akan diadakan “pembersihan” terhadap akun yang tidak aktif. Di email ini dikatakan bahwa saya harus melakukan verifikasi berisi username, password, tanggal lahir, teritori/negara asal. Kalau dalam 24 jam tidak dilakukan verifikasi ini, maka akun akan ditutup! Hah!?!?!
scam.gif
Saya langsung teringat bahwa email saya yang saya pakai itu dulu membuatnya agak tergesa-gesa, jadi banyak form yang saya kosongkan, termasuk alamat. Bahkan di form Country masih saya biarkan berisi United States. Saya berfikir jangan-jangan gara-gara itu masalahnya.Saya kemudian segera (akan) membalas email untuk melakukan verifikasi dengan mengirimkan data yang diminta. Ketika menuliskan username dan password saya jadi kepikir, bagaimana jika email ini ternyata palsu. Bisa saja ini email SCAM!!! atau teknik phishing (kalau tidak salah, phising adalah tekniknya, dan emailnya sendiri disebut scam, mohon dikoreksi kalau salah)

Saya kutip dari Wikipedia mengenai Phising dan Scam:

In computing, phishing is an attempt to criminally and fraudulently acquire sensitive information, such as usernames, passwords and credit card details, by masquerading as a trustworthy entity in an electronic communication.

Scam adalah berita elektronik dalam Internet yang membohongi dan bersifat menipu, sehingga pengirimnya akan mendapat manfaat dan keuntungan tertentu. Contoh scam yang sering kita jumpai adalah surat berantai, pengumuman lotere, pinjaman uang tanpa agunan, cara cepat menjadi kaya, dan lain lain. Dalam hal ini akibat dari berita scam ini bagi penerimanya akan lebih serius, jika dibandingkan dengan spam.
Dalam bahasa Inggris, scam ini diartikan juga sebagai confidence trick or confidence game, sehingga pada awalnya penerima berita merasa yakin dan tidak mencurigai bahwa hal ini merupakan bentuk penipuan.

Ya, scam adalah salah satu bentuk penipuan di mana biasanya calon korban (penerima email atau dalam bentuk lain semisal SMS) diiming-imingi hadiah atau uang dan sebagainya dengan dibarengi informasi yang meyakinkan. Misalnya kita diberitahu di email kalau ada seorang konglomerat di negara antah berantah dengan harta jutaan dolar yang mencari ahli waris dst, lalu kita dikatakan terpilih menjadi kandidatnya wah.. menggiurkan.. Lalu kita tertarik dst, lalu kita diminta menyebutkan rekening, PIN ATM, dst.. dan tahu sendiri kelanjutan cerita ini..
Kalau spam lebih banyak karena email yang masuk ke inbox kita itu sangat mengganggu, kalau scam ini bisa lebih fatal lagi jika kita termakan iming-imingnya (Jenis tipuan lain misalnya hoax, saya pernah tulis di Fosil ultra-raksasa di Jebal barez)

Oya, iming-iming ini biasanya juga bukan iming-iming yang menyenangkan, tapi juga yang mengkhawatirkan, seperti email saya tadi: kalau verifikasi tidak dilakukan dalam 24 jam ini, maka akun email akan ditutup selamanya… Secara psikologi, orang pasti akan segera melakukan “verifikasi”. Dan bagaimana kalau dalam email itu ternyata isinya penting? Lalu password kita diganti dan kita dikirim pesan kalau mau passwordnya direcover maka kita harus mengirim sejumlah uang.

Karena curiga, sebelum saya reply email tadi, maka saya akhirnya cari di Google tentang kebenaran email tadi. Setalah baca dari beberapa tempat (salah satunya disini), saya simpulkan kalau email ini memang scam (untung belum saya reply 🙂 )

Jadi, intinya berhati-hatilah jika ada email-email semacam ini, apalagi meminta data pribadi, PIN , password, dsb. Jangan segera ditanggapi, sebaiknya cari sumber yang lebih terpercaya.
Juga jangan mudah terpesona (jawa: nggumunan) kalau ada informasi-informasi yang menina-bobokkan.. 🙂

Btw, kalau orang sono penyamarannya begitu rapi, di kita dengan penyamaran seadanya saja banyak yang ketipu, misalnya SMS berisi kita memenangkan hadiah mobil dari SIMPATI, padahal yang mengirim pakai nomor Mentari.. 😀 

Semoga kita terhindar dari tipu-tipu semacam ini..