Setiap kali saya membawakan materi tentang blog, saya seringkali menekankan untuk menghidari menggunakan data diri yang nyata, terutama data yang detil (alamat, nomor HP, dst). Bukan berarti saya menganjurkan untuk menjadi ‘penipu’ (Baca: Blogger Tukang Tipu), tapi lebih kepada alasan keamanan (misalnya terkait dengan online predator, pencurian kartu kredit dll), mengingat kita tidak tahu benar, siapa yang ‘berhadapan’ dengan kita di dunia internet, bisa saja orang baik, orang jahat, atau siapapun (atau apapun, kucing barangkali? hehehe).

Meski Anda memutuskan untuk menyembunyikan diri, dengan memakai nama samaran-pun kita tetap bisa kok menulis banyak hal yang bermanfaat. “Lihatlah apa yang dikatakan, jangan lihat siapa yang mengatakan..” (kalimat ini dinisbatkan kepada Sy. Ali). Kalau  saya sendiri, saya lebih enjoy menampakkan nama.

Tapi, ujung-ujungnya kembali kepada kita sendiri, apakah yang kita baca dari blog itu kita nilai tipuan ataukah ilmu, mutiara atau kotoran. Kalau setuju kita ambil, gak setuju ya gak usah dibaca, gitu aja kok repot.

cat_on_computer_1_americanelephant.jpg

Kembali ke masalah kucing (lho?), percaya nggak kalo kucing bisa menulis makalah ilmiah, bahkan diundang untuk mempresentasikannya di forum ilmiah bergengsi? Kalo gak percaya, baca posting pak Grandis ini: Kucing menulis makalah ilmiah.

Btw, Anda-pun gak bakal tahu siapa yang nulis posting ini, saya atau kucing… Hehehe

(Gambar diambil dari americanelephant.wordpress.com)

