Minggu lalu di Kick Andy ditayangkan wawancara dengan tema mengangkat tuna netra. Ditampilkan beberapa tunanetra yang luar biasa yang meski dengan keterbatasan, mereka mampu survive dengan bakat dan kemauan kerasnya. Di acara itu ada pula ditayangkan semacam alat pembaca buku digital yang mampu membaca buku, tepatnya “menyuarakan” sehingga para tuna-netra dapat “membaca” buku melalui suara. Kalau tidak salah alat ini merupakan riset dari Pak Arry Akhmad Arman (ITB) yang disumbangkan ke Mitra Netra.

Ada pula ditampilkan semacam software yang diinstal di komputer dan di HP yang dapat membantu tunanetra mengoperasikan komputer dan HP dengan panduan suara, meski masih dalam logat bahasa Inggris (saya jadi ingat punya teman di ITB yang sudah mengembangkan software pembaca SMS yang sudah menggunakan logat Indonesia).

Saya pernah juga membuat aplikasi HP di inhandlearning.com yang saya maksudkan untuk membantu tuna wicara dalam mempelajari bahasa isyarat. Sayangnya saya sendiri kurang tahu standar apa yang dipakai di Indonesia, saya ambilkan standar dari ASL (American Sign Language). Aplikasi ini berisi daftar alphabet dan padanannya dalam bahasa isyarat berupa gambar tangan, dari A sampai Z. Saya sebenarnya pengin mengembangkan dengan menambah fitur untuk “menerjemahkan” satu kalimat ke bahasa isyarat, jadi kita dapat memasukkan kalimat tertentu dan ketika kita klik maka akan tampil urutan abjad dalam bahasa isyarat.

Saya berharap aplikasi ini dapat memberi manfaat dan mohon disebarluaskan kepada kawan-kawan yang membutuhkan.

Aplikasi ini berbasis Java yang dapat diinstal pada HP yang mendukung Java MIDP 2.0. Dapat didownload di inhandlearning.com

Advertisements