Posting ini saya tulis dan publikasikan dengan koneksi internet dial-up menggunakan HP Samsung Nokia D600 dan kartu IM-3. Ternyata mudah sekali instalasi maupun cara koneksi internet dengan Samsung ini.
Pertama tentu saja adalah menyediakan peralatan yang dibutuhkan yaitu komputer, HP (dalam hal ini Samsung Nokia D600), kabel data dan CD driver bawaan HP.
Kedua, lakukan instalasi USB driver Samsung dan Samsung PC Studio yang ada dalam CD bawaan HP.
Ketiga, setelah instalasi sukses, sambungkan komputer dengan HP melalui kabel data. Tunggu sampai HP dikenali.
Keempat, jalankan Samsung PC Studio. Perhatikan, jika koneksi dengan HP sudah berhasil, maka akan tampak tulisan SGH-D600 Connected.
Kelima, pilih menu Internet PC Connections. Jika baru pertama kali koneksi, pilih Create New Connection, ikuti langkah per langkah. Perhatikan ketika ada pilihan untuk dial properties, kita tinggal pilih negara Indonesia, maka provider, username, password dll sudah otomatis terisi. Waktu pertama kali mencoba koneksi ini, saya mengisi sendiri semua form isian untuk dial ini dan gagal terkoneksi. Eh, ketika memilih negara-nya ternyata semua langsung terisi otomatis.
Keenam, jika sudah selesai maka tekan tombol Finish, maka akan dibuatkan shostcut di desktop dan muncul menu dial. Pada menu dial ini perlu kita masukkan password. Kalau pakai Im3, isikan username: gprs password: im3. Tunggu sampai dialling server berhasil dan komputer terkoneksi dengan dunia global..

Oya, untuk posting di wordpress ini saya memilih pakai WordPress versi Gadget, sehingga tampilan sangat irit sehingga pulsa GPRS juga menjadi irit. Untuk memakai WP-Gadget ini, jangan login ke wordpress.com reguler, tapi pakailah alamat m.wordpress.com.

Selamat mencoba…

Update: Setelah posting di WP Gadget ini, saya cek pulsanya ternyata hanya berkurang beberapa ratus rupiah (mungkin tidak sampai Rp.300). Tarifnya tentu akan berbeda jika anda memakai kartu lain.