Selamat Hari Ibu. 22 desember kita peringati sebagai Hari Ibu. Peringatan yang mungkin sudah banyak yang dilupakan sebagian besar dari kita. Dan karena tidak ada Hari Istri maka kesempatan ini sekalian aja digabung untuk memperingati Hari Istri. Selamat Hari Istri.

Ketika Rasulullah ditanya tentang siapa orang yang paling berhak dilayani sebaik-baiknya. Dijawab oleh Rasul: “Ibumu,ibumu, ibumu, bapakmu.”
Suatu ketika ada seseorang yang meminta ijin kepada Rasulullah untuk ikut berjihad mencari ridha Allah. Nabi bertanya: “Apakah orang tuamu masih hidup?”. Dia menjawab “Ya”.
Nabi bersabda: “Maukah engkau mencari ridha Allah? Pulanglah. Berbaktilah kepada orang tuamu.”

Sayang banyak generasi sekarang ini yang mulai berani membantah orang tua. dan semakin banyaknya kenakalan remaja yang merebak. Dan ini nampaknya telah menjadi kecenderungan di mana-mana.

Peran ibu, sekalipun hanya sebagai ibu rumah tangga, tidak dapat dianggap sepele. Ibu-lah biasanya yang membentuk karakter seorang anak. Saya menghargai peran ibu rumah tangga sama besarnya dengan ibu yang memiliki karir atau banyak aktifitas.

Peran istri-pun demikian. Banyak suami yang mengecilkan peran istri dan menganggap (dan membesar-besarkan) tugas utama istri: hanya pada tugas melayani suami [Baca Budi rahardjo: Hari Istri]. Bahkan dalam urusan yang penting seperti poligami misalnya, istri kadang cenderung dianggap negatif jika misalnya menolak dipoligami, dengan justifikasi yang dicari-cari. [Baca tulisan Helvy tentang poligami ini dari sudut pandang seorang istri].

Meski demikian, saya punya banyak juga temen-temen yang tidak pernah henti memuji istrinya meski istrinya hanya Ibu rumah tangga biasa.
Alangkah indahnya ya jika dalam keluarga suami-istri saling mendukung, saling mengerti, tahu kapan mengalah dan kapan untuk bersikeras. Indahnya jika setiap hari bisa selalu bercanda… 😉

Sehingga ketika di syurga sekalipun, ketika suami disediakan 40 bidadari, dengan halus dia menolak, dia hanya ingin bersama istrinya.[Baca Menolak Bidadari]

Selamat hari Ibu dan Istri… 😀

Advertisements