Konon, di acara tahunan Stanford Summit di Stanford University biasa di paparkan beberapa presentasi-presentasi yang sangat menarik. Salah satu presentasi menarik yang sempat saya berita ikhtisarnya adalah dari Joe Schoendorf yang merupakan seorang partner dalam perusahaan Accel Partners.

Materi presentasi disarikan pak Hardjono (sedikit orang Indonesia yang hidup di area bergengsi Silicon Valley). Berikut ini presentasi (saya embed dari slideshare-maaf isinya mirip tapi saya kurang tahu apakah ini presentasi aslinya) dan ikhtisar dari pak Hardjono (saya copy dari blog beliau) :

Shift Happens

  • Shift happens. 20 tahun yang lalu perusahaan2 yang merajai dunia komputer adalah IBM dan DEC. HP saat itu hanya perusahaan hardware/component. Sekarang DEC sudah lenyap. IBM sekarang fokus pada services. Sedangkan HP sekarang merajai dunia PC (bersama Dell yang belum ada 20 tahun yang lalu). Poinnya: perusahaan besar hari ini (ex. Google, MSFT, etc) mungkin lenyap atau berubah bentuk 20 tahun lagi.
  • Time in employment. Jangka waktu dalam perkerjaan. 1 dari 4 orang di AS kurang dari 1 tahun (di pekerjaan saat ini). 1 dari 2 orang kurang dari 5 tahun. Poinnya: kita harus siap untukberpindah-pindah pekerjaan. Estimasinya untuk graduate engineering hari ini mereka akan berpindah pekerjaan rata-rata 14 kali sampai mereka umur 38 tahun (nb. estimasi dari Joe Schoendorf).

Education

  • China has more Honors students than US does students. China memiliki mahasiswa tingkat Honors (yaitu tingkat 4 dst) lebih banyak daripada jumlah mahasiswa di AS. Poinnya: hari ini urutan tingkat ekonomi terbesar adalah AS, Jepang, China, Eropa, dst. Selang beberapa tahun urutan no.1 akan ditempati China.
  • China graduates a whole Silicon Valley (worth of engineers) every year. Setiap tahun jumlah sarjana engineering yang baru di China sama dengan jumlah engineer di Silicon Valley saat ini. Poinnya: menurut Joe pasti ada shift atau perubahan, baik di AS maupun China. Tidak jelas apa perubahaan itu, tetapi pasti ada shift.

Think exponentially

  • First billion mobile phones – 2 decades. Memakan waktu 20 tahun untuk mencapai jumlah 1 billion (1 milyar) ponsel di dunia.
  • Second billion mobile phones – 1400 days. Ponsel yang 1 miliar unit selanjutnya akan dicapai dalam waktu 1400 hari.
  • Third billion – under 1000 days. Ponsel yang 1 miliar unit seterusnya akan dicapai dibawah 1000 hari.
  • More mobile phones in China than people living in Europe. Jumlah ponsel di China lebih banyak dari pada jumlah manusia di Eropa.

Next generation

  • Number of daily text messages is more than number of people on earth (cross over last year). Jumlah text/SMS per hari (saat ini) lebih banyak dari pada populasi dunia. Poinnya: cara berkomunikasi berubah. Orang lebih suka SMS/text daripada menulis surat (paper atau email).
  • Half the world is under 25 years old. Lebih dari 50% penduduk dunia (ssat ini) berumur dibawah 25 tahun.
  • In the under 25 group, year 2007 is the 3rd straight year of decline in email usage (15% decline per year). Dalam grup tersebut (25 tahun ke bawah), tahun ini merupakan tahun ketiga dimana penggunaan email surut 15% (per tahun). Poinnya: mungkin ini hanya data dari AS, tetapi faktanya anak muda tidak suka email atau sistim yang store-forward. Maunya kontak yang instan.
  • Prefer text messaging. Anak-anak dibawah usia 25 tahun lebih suka SMS/text dari pada email.

Data-data ini memberikan indikasi arah perkembangan teknologi, dan terutama Internet.

Inspiring…

Advertisements