Tahukah Anda, ternyata profesor termuda di Amerika Serikat adalah orang Indonesia. Memiliki nama yang bernada Jepang, Nelson Tansu meraih gelar Profesor di bidang Electrical Engineering di Lehigh University Amerika sebelum berusia 30 tahun sekaligus satu-satunya profesor dari Indonesia di Universitas tersebut.

Thesis Doktorat-nya mendapat award sebagai “The 2003 Harold A. Peterson Best ECE Research Paper Award” mengalahkan 300 thesis Doktorat lainnya. Secara total, ia sudah menerima 11 scientific award di tingkat internasional, sudah mempublikasikan lebih 80 karya di berbagai journal internasional dan saat ini adalah visiting professor di 18 perguruan tinggi dan institusi riset.

Berbeda dengan Sutardja Bersaudara (Marvell Semiconductor) yang masuk daftar orang terkaya di AS versi Majalah Forbes yang meski asal nya dari Indonesia namun sekarang berstatus menjadi warga AS, Nelson Tansu masih resmi sebagai warga negara Indonesia dan mengatakan cinta Indonesia. Namun, mengingat iklim riset di Indonesia masih belum mendukung dia lebih memilih untuk masih bekerja di AS. Keputusan yang sangat wajar.. šŸ˜‰

Baca berita lengkapnya disini