ho.jpg

Apa hubungan Cheng Ho, Yusril Ihza Mahendra dan blog?

Dua tahun yang lalu Jay (seorang blogger kawakan) menulis tentang Laksamana Cheng Ho (Laksamana Muslim dari Cina) dan misi perdamaian yang dibawanya serta peringatan 600 tahun misi Cheng Ho. Ya, itu dua tahun yang lalu! Banyak komentar mengenai posting ini. Tak disangka-sangka, sekitar akhir Oktober 2007 , ada sebuah komentar dari orang yang mengaku aktor yang memerankan Cheng Ho yang film-nya saat ini sedang dalam proses syuting. Aktor itu tidak lain adalah Yusril Ihza Mahendra. (Saya baru tahu kalo ada film Cheng Ho ini, tidak sabar nunggu nih. Baru tahu juga kalo pemerannya Yusril) .Tentu saja orang-orang tidak percaya begitu saja. Saya bisa saja berkomentar dan mengaku sebagai SBY atau Bush… 😛

Komentator yang setengah percaya kemudian menyarankan orang yang mengaku Yusril ini untuk membuat blog sendiri saja. Yusril menjawab kalau dia tidak tahu apa itu blog dan tidak begitu faham internet. Dia hanya ingin menanggapi antusiasme publik tentang Cheng Ho ini.

Cerita berlanjut, untuk memastikan bahwa orang tersebut memang Yusril, Jay dkk akhir nya kopi darat, dan ternyata orang ini memang benar-benar Yusril. Dari pertemuan ini pula akhirnya lahirlah blog-nya pak Yusril (http://mahendra-ihza-yusril.blogspot.com/ kemudian pindah ke http://yusril.ihzamahendra.com).

Saya sendiri termasuk orang yang suka dan sekaligus tidak suka dengan Yusril dan sepak terjangnya. Namun, saya salut dengan keterbukaannya yang kemudian diwujudkan dalam bentuk blog. Disebutkan di salah satu postingnya bahwa beliau berharap melalui blog (yang baru saja dikenalnya) akan ada diskusi dan polemik yang sehat, saling menghormati (welcome to the digital jungle, Sir..).

Kisah serupa pernah juga dialami Pak Budi. Waktu menulis tentang album Badai Pasti Berlalu, tak disangka ada satu komentar dari mas Yockie Suryoprayogo (musisi terkenal yang merupakan salah satu orang yang berperan penting di album tsb). Setengahnya tidak percaya, Pak Budi akhirnya kopi darat…

Dunia blog (blogosphere) memang menarik dan penuh kejutan… 😉