waktu memutar lagu-lagu lama, tak sengaja saya dengar lagunya Chicago, Hard To Say I’m Sorry. Bukan masalah dengan lagunya, saya mikir-mikir memang kita ini sulit sekali ya untuk bilang maaf.
Seringkali kita mendengar, apalagi ketika lebaran permintaan maaf. Namun terkadang diembel-embeli kata-kata “jika ada salah” atau “disengaja atau tidak disengaja” atau istilah-istilah yang masih bernada “excuse”. Artinya permintaan maaf ini seolah-olah masih belum menyentuh inti permasalahan yaitu kesalahan. Orang yang meminta maaf ini terkesan tidak perlu tahu, tidak perlu sadar dengan kesalahannya. Kalau dalam terminologi taubat (permintaan maaf kepada Allah) ada 3 poin yang harus dilakukan dalam rangka taubat ini, yaitu menyadari/mengetahui bahwa kita bersalah, menarik diri dari perbuatan itu dan menyesalinya, serta menutupi kesalahan dengan berbuat kebaikan.

Nah, kalau kita minta maaf kepada sesama tanpa tahu kesalahan, atau tanpa penyesalan, atau tanpa keinginan untuk tidak mengulangi kesalahan itu maka nilai “permintaan maaf” kita ini barangkali masih kurang cukup bermakna. Kita masih menyisakan ego ketika bilang “maaf jika ada salah”. Kita masih kurang tulus jika kita tidak selalu berusaha mencari kesalahan yang “tidak disengaja”. Kita harusnya dengan sangat sadar dan dengan tulus berkata : “Ya, saya salah, saya minta maaf”

Maka dengan segala kesadaran, kepada teman-teman yang mengenal saya secara langsung atau teman teman yang sempat mampir di blog ini, saya yakin disela-sela posting saya ada yang berpotensi menyinggung perasaan, ada komentar yang saya jawab dengan agak emosional, ada banyak ucapan dan tindakan saya yang saya tahu kurang berkenan di hati dan potensial untuk disalahfahami, maka dengan segala ketulusan saya minta maaf untuk itu semua, semoga ke depan dapat memperbaiki diri dan berbuat lebih baik.

Terakhir saya kutip doa Husain R.a

Ya Allah aku memohon ampun kepada-Mu
di hadapanku, ada orang yang dizalimi
aku tidak menolongnya
kepadaku, ada orang berbuat baik
aku tidak berterimakasih kepadanya
orang bersalah meminta maaf kepadaku
aku tidak memaafkannya
orang susah memohon bantuanku
aku tidak menghiraukannya
ada hak orang mukmin dalam diriku
aku tidak memenuhinya
tampak dihadapanku aib orang mukmin
aku tidak menyembunyikannya
dihadapkan kepadaku dosa
aku tidak menghindarinya

Ilahi, aku mohon ampun dari semua kejelekan itu
dan yang sejenis itu
aku sungguh menyesal
biarlah itu menjadi peringatan
agar aku tidak berbuat sama sesudahnya

Semoga shalawat tercurah bagi Muhammad dan keluarganya
penyesalan atas segala kemaksiatan
tekadku untuk meninggalkan kedurhakaan
jadikan itu semua
taubat yang menarik kecintaan-Mu,
wahai Zat Yang Mencintai orang-orang yang bertaubat…

Amin.

selamat merayakan Idul Fitri…

Advertisements