wash.jpg

Ada perkara sehari-hari yang menjadi pertanyaan saya. Berapakah jumlah air yang paling efektif dan efisien untuk kita berwudlu? Sudahkah ada penelitian khusus mengenai ini, atau mungkin informasi mengenai cara berwudlu yang efektif dan efisien atau ada nggak produk, teknologi, atau minimal rancangan alat yang dapat digunakan untuk berwudlu secara bersih dan hemat air?

Pertanyaan ini cukup ‘mengganggu’ saya mengingat setiap kali berwudlu rasanya banyak air terbuang (bahkan sebelum menyentuh kulit kita), serta mengingat bahwa Islam sangat peduli alam lingkungan dan mengingatkan jika kita tidak berhati-hati dalam menjaga lingkungan, maka kita akan mendapati kerusakan alam.

Telah nampak kerusakan di darat dan di laut disebabkan karena perbuatan tangan manusi, supaya Allah merasakan kepada mereka sebahagian dari (akibat) perbuatan mereka, agar mereka kembali (ke jalan yang benar).
(Ar-Rum: 41)

Air merupakan komponen vital alam yang harus kita jaga, termasuk menjaga dari berboros air. Ada salah satu hadits yang berbicara masalah ini:

”Untuk wudlu itu cukup air satu mud dan untuk mandi itu cukup satu sha’. Akan muncul suatu kaum yang menganggap sedikit air seukuran itu. Mereka itu menyalahi ahli sunnahku. Berpegang pada sunnahku dalam pagar bahaya adalah taman para penghuni surga.” (HR. An-Nasa’i).

Hadits ini menjelaskan ukuran air yang seharusnya digunakan dalam wudlu. Bila diukur dengan ukuran zaman sekarang ini, satu mud itu setara dengan 675 gram atau 0,688 liter. Sedangkan 1 sha’ setara dengan 4 mud . Bila ditimbang, 1 sha’ itu beratnya kira-kira 2.176 gram. Bila diukur volumenya, 1 sha’ setara dengan 2,75 liter. (Lihat Al-Fiqhul Islami Wa Adillatuhu oleh Dr. Wahbah Az-Zuhaili jilid 1 halaman 143. ). Bayangkan betapa boros dan berlebihannya kita selama ini..

Menurut saya, hal ini menjadi tantangan teknologi kita (khususnya umat Islam) dalam bagaimana membuat alat yang bisa digunakan untuk membersihkan secara efektif dan efisien dengan menggunakan 0,68 liter air untuk berwudlu dan menggunakan 2,75 liter untuk mandi.

Siapa ya kira-kira yang akan menjawab tantangan ini?