Meski masa ‘hijau’ saya di era 80-an dan 90-an tapi interes musik saya ternyata cukup beragam dan banyak juga era 70-an atau sebelumnya. Salah satu band gaek yang cukup saya suka adalah Queen, yang rentang karirnya lumayan panjang (kayaknya sampai 90an juga). Salah satu lagu yang fenomenal yang saya suka adalah Bohemian Rhapsody (1975). Lagu ini terbagi dalam 6 bagian terpisah – introduction, ballad, guitar solo, opera, rock and an outro. Memiliki style, tone, dan tempo berubah-ubah, sangat tidak lazim pada jamannya (sebagian mirip sebuah opera).

Liriknya pun menjadi perdebatan penafsiran, diselingi ungkapan-ungkapan asing ada yang berbau persi dan arab seperti misalnya “bismillah”. Dalam peluncuran albumnya di Iran, pada pamfletnya diungkap salah satu interpretasi maksud lirik lagu ini. Konon dikisahkan bahwa lirik lagu ini adalah tentang seseorang yang tidak sengaja berbuat jahat dan menjual jiwanya kepada setan. Lalu saat eksekusi, dia bertobat dan memanggil nama Tuhan “Bismillah”, lalu dengan dibantu malaikat, dia memperoleh jiwanya kembali.. ada-ada saja..
(Silahkan lihat videonya berikut)

queen2.jpg

Salah satu lagu Queen lain yang saya suka, terutama saya suka videonya, yaitu lagu Innuendo (1991)
queen1.jpg