macet.jpg

Semalam saya jalan keluar (akhir2 ini jarang banget saya jalan). Tapi, waktu di perempatan saya liat kok agak macet di lampu merah. Saya lihat lampu sudah hijau, tapi tak ada satu pun kendaraan di depan yang beranjak. Setelah saya lihat ternyata di tengah jalan dihadang polisi. Sampai berkali-kali lampu merah berganti hijau tetap saja jalan ditutup tanpa kepastian sampai kapan dan kenapa. Antrian semakin panjang, klakson berbunyi bersahut-sahutan karena orang-orang tidak sabar lagi. Setelah dongkol berlama-lama, akhirnya ada rombongan lewat, dan hanya butuh waktu 2 menit! Saya tidak tahu apakah itu pejabat atau siapa. Kontan rombongan ini diteriaki rame-rame…

Saya jadi bertanya-tanya, siapa sih yang sebenarnya punya jalan raya? Ada undang-undang nya gak kalo pejabat lewat itu boleh menutup jalan seenaknya? Saya akan memahami jika jalan ditutup karena hajatan, misalnya. Jelas. Dan kita punya kesempatan untuk mencari jalan alternatif lain. Tapi kalau jalanan ditutup, berlama-lama, tanpa kejelasan ya jangan salahkan kalo disumpahi banyak orang, meski yang jalan itu seorang presiden..