blogstate.gifBlog dan tool-tool dalam Web 2.0 saat ini telah menjadi kecenderungan baru di internet. Web 2.0 menunjukkan betapa komunitas kini mulai mengambil peran yang lebih besar. Dan blog adalah salah satunya. Pada akhir Maret 2007 diperkirakan telah ada 70 juta blog lebih dan bertambah dua kali lipat dalam tiap 230 hari. Diperkirakan setiap hari ada 120,000 blog baru yang muncul dan 1,5 juta posting per-hari (klik pada grafik di samping).

Selain itu blog telah mulai menjadi media alternatif. Technorati mengungkap dari top 100 media ternyata blog mulai menjadi media yang diminati sebagai alternatif dari mainstrean media (MSM) yang telah mapan seperti Yahoo News, CNN, CNBC, dll
Pada akhir 2006 Dari Top 100 tersebut 12 di antaranya adalah blog. 3 di antaranya menduduki posisi top 50, dan 9 di antaranya berada di antara posisi 51-100. Pada April 2007 jumlah blog yang masuk Top 100 media meningkat menjadi 22.

Jika kita berkecimpung di dunia pendidikan atau peduli dengan pendidikan, melihat angka-angka ini tentunya kita berpikir, kenapa kita tidak memanfaatkan peluang ini untuk kepentingan pendidikan khususnya di negara kita ini (sekarang bahkan mulai muncul paradigma pembelajaran baru yaitu Learning 2.0 yang berbasis komunitas mengimbangi perkembangan Web 2.0). Bisa dibayangkan jika dari jumlah 2,7 juta guru, ambil contoh 1 persen saja guru yang membuat blog yang berisi materi pendidikan atau pengalaman mengajar atau hal-hal terkait pendidikan, kita akan mendapatkan 27,000 blog yang dapat diakses oleh guru-guru lain, siswa, orang tua siswa dan stakeholder pendidikan lainnya yang jumlahnya jauh lebih banyak. Bisa jadi satu orang guru akan dapat “mengajar” ribuan bahkan jutaan orang.

Menurut saya, koneksi internet yang mulai digalakkan di kalangan pendidikan dengan adanya Jardiknas seharusnya juga harus kita imbangi dengan inisiatif-inisiatif pembentukan dan pengembangan komunitas, salah satu diantaranya dengan membuat blog ini.Kenapa blog? Membuat blog sangat mudah(pengalaman saya, mengajari membuat blog ini hanya perlu waktu tidak sampai 1 jam) dan murah (hampir sebagian besar layanan blog disediakan gratis).

Sayangnya sampai saat ini belum ada upaya sistematis dari pihak DEPDIKNAS dalam pengembangan pemanfaatan blog untuk pendidikan. Selain itu belum ada reward/kredit poin bagi pendidik yang aktif memanfaatkan blog untuk pendidikan, misalnya menjadi semacam CV/portofolio yang menjadi nilai tambah sertifikasi(lihat tulisan Budi Raharjo tentang hal ini dan beberapa masukan tentang pemanfaatan Jardiknas). Berangkat dari fakta ini, kami tengah berusaha untuk mendalami peluang ini serta mensosialisasikan pemanfaatan blog serta berusaha untuk memulai membangun komunitas blog pendidikan ini (meski masih dalam bentuk informal dan selama ini masih dalam lingkup terbatas).

Bagi Anda, pendidik yang mulai memanfaatkan blog, atau Anda mengetahui blog yang dikelola oleh kalangan pendidikan (perorangan atau lembaga) silahkan diinformasikan kepada Kami sebagai langkah awal untuk membangun komunitas ini. Mudah-mudahan ke depan (dalam angan-angan saya) akan dapat dikembangakan gerakan untuk membuat blog ini secara lebih masif dengan misalnya, dicanangkan Tahun 2008 sebagai Tahun Menulis Blog Pendidikan atau nantinya mungkin perlu diadakan lomba/awarding bagi blog pendidikan yang terbaik atau yang lainnya. Ada ide atau masukan? Silahkan komentar di sini.

Jika Anda memiliki blog yang terkait dengan pendidikan, silahkan anda mengirim comments dan dengan disertai alamat blog Anda

NB:

Kami beberapa kali mencoba mengenalkan pemanfaatan blog untuk pendidikan ini di beberapa mata diklat juga IHT untuk widyaiswara. Hasilnya sebenarnya cukup bagus, lebih dari 90 persen guru peserta diklat blog ini sudah bisa membuat blog mereka sendiri. Sayangnya budaya menulis yang masih lemah serta keterbatasan akses internet bagi guru-guru ini menyebabkan mereka kesulitan mengupdate.

Namun, ada beberapa blogger pemula yang berhasil ‘teracuni’ 😀 di antaranya salah satu widyaiswara, Pak Fadjar dengan blog ‘Sahabat Guru Matematika’: fadjarp3g.wordpress.com

Berikut ini daftar alamat weblog peserta Diklat Matematika Lanjut 2007 di PPPPTK Matematika Yogyakarta (sayangnya sebagian besar tidak terupdate)

http://ajatsudrajat.wordpress.com

http://adhiegunawan.wordpress.com

http://noery.wordpress.com

http://nurfor.wordpress.com

http://denyasiah.wordpress.com

http://marliani.wordpress.com

http://yayukdm.wordpress.com

http://marlibudiono.wordpress.com

http://roz4k.wordpress.com

http://mashurimath.wordpress.com

http://nursalamgosar.wordpress.com

http://arbainsyah.wordpress.com

http://wiyonogel.wordpress.com

http://yanmath.wordpress.com

http://mrbient.wordpress.com

http://djazulipasuta.wordpress.com

http://goez.wordpress.com

http://bogoromi.wordpress.com

http://Surasd.wordpress.com

http://hanifia.wordpress.com

http://abdullah68.wordpress.com