baby.jpg

Kabar baik bagi orang-tua yang sering direpotkan dengan bayi yang suka rewel. Barusan saya nonton Oprah Winfrey Show yang menghadirkan Priscillia Duncan, seorang yang memiliki bakat khusus yaitu memiliki ingatan fotografis (saya kurang tahu maksudnya hehehe).Dengan kelebihan tersebut dia mampu “mendengar” dan mengingat banyak hal. Suatu ketika dia memiliki bayi, dan dengan kemampuan ingatannya itu, dia mendapati bahwa ternyata sebenarnya bayi memiliki bahasa khusus untuk berkomunikasi. Bahasa ini bahkan bersifat universal, artinya bayi di seluruh dunia memiliki bahasa yang sama.
Menurutnya, ada 5 ‘kosakata’ penting dari bahasa bayi ini yaitu (dalam ejaan Bahasa Inggris):

  • Neh=”I’m hungry”
  • Owh=”I’m sleepy”
  • Heh=”I’m experiencing discomfort”
  • Eair=”I have lower gas”
  • Eh=”I need to burp”

Bagi kita, jika memperhatikan secara sekilas, kosakata-kosakata yang diucapkan bayi mungkin akan terdengar sama, namun jika diperhatikan lebih teliti, semua bayi sebenarnya berkata-kata dengan kosakata tersebut. Bayangkan jika bayi sebenarnya “berkata” ingin bersendawa kemudian malah kita kasih makan tentu dia malah semakin rewel. Kadang bayi mengatakan kata-kata itu, pertama dengan biasa (tanpa menangis), tapi jika tidak direspon atau ditanggapi secara lain bayi akan marah dan mulai menangis.

Dalam sesi wawancara di Oprah Show tersebut, Priscilia dipertemukan dengan 8 ibu-ibu yang memiliki masalah bagaimana menghadapi bayi-nya karena selalu rewel. Pada sesi itu, ada bayi yang berkata “Owh” = mengantuk dan kemudian langsung ditidurkan, benar saja dia langsung tertidur, ada yang berkata “Eh” ingin bersendawa kemudian diposisikan yang nyaman untuk bersendawa, dan beberapa tingkah laku lain yang ternyata menjadikan bayi-bayi ini tenang karena mereka mendapatkan apa yang diinginkan tanpa harus rewel. Bahkan ada ibu yang mengaku sebelumnya bayinya selalu rewel sehingga membuatnya tidak bisa istirahat, ketika dia mampu memahami bahasa bayi-nya dia mengaku bisa memberikan apa yang diinginkan bayi secara tepat sehingga bayi-nya menjadi jarang rewel.

Mempelajari bahasa bayi ini tentu tidak dapat dilakukan dari “kamus” tapi harus mempelajari secara langsung atau mungkin lebih mudah juga dengan melalui audio/video. Sayangnya saya search di google atau di youtube tapi belum mendapatkannya. Barangkali ada yang mendapatkan?