Upacara
Sebagai “Hari Besar”-nya DEPDIKNAS kami mengadakan upacara bendera menyambut Hari Pendidikan Nasional 2 Mei 2007. Tema kali ini adalah “Dengan semangat Hardiknas, Kita Sukseskan Pendidikan Bermutu Untuk Semua.”

Mengutip sambutan Mendiknas: tema yang dipilih dalam menyambut Hardiknas kali ini, merupakan penjabaran dari visi pendidikan nasional yang tertera dalam Undang-Undang No.20 Tahun 2003 tentang sistem pendidikan. Bunyi UU tersebut sebagai berikut : Terwujudnya sistem pendidikan sebagai pranata sosial yang kuat dan berwibawa untuk memberdayakan semua warga Indonesia berkembang menjadi manusia berkualitas sehingga mampu proaktif menjawab tantangan jaman yang selalu berubah.

Dalam kata sambutannya, Mendiknas juga menyampaikan tiga pilar kebijakan prioritas pembangunan pendidikan nasional yang berkaitan dengan indikator kinerja dalam rencana strategis Depdiknas 2005-2009. Tiga pilar tersebut yaitu, pemerataan dan perluasan akses pendidikan, peningkatan mutu, relevansi dan daya saing pendidikan, serta penguatan tata kelola akuntabilitas dan citra publik pendidikan.

Berangkat dari tiga pilar ini menurut saya akan sangat kental dengan pemanfaatan ICT. Saat ini Depdiknas telah melaunching Jejaring pendidikan yang akan mengkoneksikan sekolah-sekolah dan stakeholder terkait dalam JARDIKNAS. Saya sendiri punya harapan besar sekaligus agak cemas. Harapan bahwa ini akan jadi lompatan pendidikan kita (jika kita siap) atau kita hanya akan menjadi proyek formalitas berbiaya besar. Kuncinya, menurut saya, ada di komunitas. Kalau komunitas pendidikan sendiri tidak siap, kita hanya akan dihadapkan dengan perangkat-teknologi maju di depan wajah kita namun kita tidak bisa memanfaatkan apalagi mengembangkan sendiri. Saat ini beberapa pihak pengambil keputusan sudah cukup aware denga pemanfaatan ICT ini namun ini juga akan bergantung jajaran di bawah.
Harapannya dengan ICT ini kita akan mendapatkan pendidikan yang HIGH QUALITY-LOW COST dan jangan sampai masih LOW QUALITY tapi HIGH COST..

Namun, keharusan mutlak dan tidak ditawar-tawar lagi bagi kita untuk selalu aware dengan perkembangan teknologi terutama ICT dan pemanfaatannya di pendidikan. Prediksi saya, dalam 5 atau 10 tahun lagi saja kita akan dihadapkan dengan teknologi yang akan merubah paradigma pembelajaran saat ini. Pada tahun-tahun mendatang dunia akan mengadopsi dan menerapkan model pembelajaran yang bahkan pada saat sekarang belum ada!
Inilah tantangan bagi kita…

Advertisements