fogging

Kalau Anda lihat foto di atas, ini bukan kebakaran.. tapi sedang ada fogging (pengasapan) terhadap nyamuk DBD di kampung saya. Ternyata, beberapa anak tetangga menderita DBD sehingga masyarakat rame-rame mengadakan fogging ini.

Kasus demam berdarah dengue (DBD) di Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah pada awal tahun ini melonjak hingga 800 persen lebih dibandingkan bulan sebelumnya. Selama satu bulan, tercatat ada 19 kasus demam berdarah. Dua diantaranya berakhir dengan kematian penderita DBD. Sementara bulan Desember 2006, tercatat hanya ada tiga kasus.

Menurut Kepala Subdinas Pemberantasan Penyakit Dinas Kesehatan Kabupaten Sukoharjo Agus Prihatmo, diperkirakan jumlah pasien DB di daerahnya akan terus bertambah, mengingat perkiraan puncak serangan penyakit ini akan terjadi pada bulan Februari dan Maret. Pada tahun lalu, di bulan itu jumlah kasus mencapai 89 dan 85 kasus. “Kami berusaha menekan dengan melakukan penyuluhan dan pemberantasan sebelum terjadi penularan,” kata dia, Rabu (31/1) (tempointeraktif.com)

Namun, nampaknya masyarakat kita ini masih ber-mental “mengobati” daripada “mencegah”, baru rame-rame fogging kalo sudah ada korban. Bahkan mungkin masih banyak orang yang belum paham benar tentang menghindari DBD atau cara hidup sehat. Seharusnya hal-hal seperti inilah yang mungkin lebih penting untuk digalakkan.