Mohon maaf kepada pengunjung sekalian, Link menuju eBook Tafsir Al Azhar HAMKA saya hapuskan karena adanya keberatan dari pihak penerbit.

Haji Abdul Malik Karim Amrullah (atau lebih dikenal sebagai HAMKA, yakni singkatan namanya), lahir tahun 1908, di desa kampung Molek, Maninjau, Sumatera Barat, dan meninggal di Jakarta 24 Juli 1981, adalah sastrawan Indonesia, sekaligus ulama, dan aktivis politik.

HAMKA menulis banyak tulisan baik dalam bentuk sastra, maupun tulisan-tulisan tentang keislaman. Salah satu karyanya yang menjadi karya monumental monumental yaitu Tafsir Al-Azhar. Penulisan tafsir Alquran ini dimulai beliau dari kegiatan pengajian kuliah Subuh di Masjid Agung Al-Azhar Kebayoran Baru, sejak tahun 1958. Dua tahun lamanya hasil pengajian tafsir di Masjid Agung Al-Azhar itu dapat dimuat di majalah Gema Islam. Sejak Buya Hamka ditangkap 27 Januari 1964, praktis kegiatan penafsiran Alquran baik di Masjid Agung Al-Azhar maupun di majalah Gema Islam terhenti.Beliau meneruskan penafsiran al-Quran selama dalam tahanan.

Sumber penafsiran yang digunakan Buya Hamka dalam menafsirkan Alquran adalah penafsiran ayat dengan ayat yang lain, juga ayat dengan hadis (al-tafsir bi al-ma’tsur). Di samping itu, Buya Hamka juga menggunakan sejarah, antropologi,
dan sosiologi sebagai sumber penafsiran untuk memperkaya tafsirnya. Gaya dan kecenderungan penafsiran seperti itu, oleh para ahli tafsir, seperti Al-Farmawi, disebut dengan tafsir al-adab al-ijtima’i.(Republika)

Download Tafsir Al Azhar Hamka

About these ads